Revolusi Digitalisasi
Revolusi Digitalisasi
Dunia teknologi dan digitalisasi mengalami revolusi secara signifikan. Terjadi perubahan extreme dalam kehidupan. Tanpa sadar kemajuan digitalisasi membuka mata generasi muda untuk melakukan perubahan agar menyeimbangkan dengan revolusi industri 4.0
Perjalanan perkembangan teknologi didominasi dengan adanya
mesin learning, artificial inteligensi, dan internet of Things. Itulah tiga
faktor utama yang menjadi tokoh dalam kemajuan teknologi. Banyak peluang untuk
menuangkan ide serta kreativitas para anak muda di dunia digitalisasi. Salah
satu contohnya yaitu membuka E-Bisnis & Memahami Teknologi.
E-Bisnis yaitu salah satu kegiatan yang memanfaatkan
jaringan media sosial untuk berwirausaha. Kegiatan ini menjadi salah satu
kegiatan yang mendominasi di Indonesia. Berbagai inovasi yang disuguhkan dari
adanya E-Bisnis yaitu teknologi informasi yang terpusat dalam bisnis. Adanya
virtual company atau organisasi di dunia maya yang menghubungkan bisnis yang dijalani
ke online marketing. Untuk menjadikan bisnis agar lebih maju salah satunya
mempunyai pelanggan. Selain pentingnya pelanggan dalam berbisnis, brand juga
menjadi sangat penting untuk menarik perhatian para customer. Dalam berbisnis
kita harus memperhatikan sebuah produk, price atau harga, place yang berkaitan
dengan lokasi atau jangkauan customer, dan promotion atau promosi. Biasanya
channel yang dimanfaatkan dari e-bisnis itu sosial media seperti Facebook,
Twitter, Instagram, dan lain-lain.
Kunci utama dalam berbisnis adalah pelanggan. Karena kesuksesan
utama dalam bisnis mempunyai pelanggan yang percaya terhadap produk yang
diperjualbelikan. Biasanya, untuk mendapatkan Insight dari kebutuhan pelanggan
yaitu melakukan riset kepada user atau konsumen. Dalam bisnis ada Tokoh yang
berhasil dalam dunia penjualannya, tapi ada tokoh yang belum berhasil dalam
dunia penjualannya. Yang membedakan berhasil atau belum berhasil yaitu strategi
marketingnya.
Ada tiga hal untuk melakukan marketing strategy
1. Segmentation, kegiatan untuk memperjelas calon konsumen
yang menjadi target pemasaran biasanya dilakukan dengan user experience
2.Targeting, kegiatan untuk menentukan target konsumen yang
telah diidentifikasi sebelumnya biasanya dilakukan dengan membuat buyer Persona
atau tools untuk mengkomunikasikan dengan calon konsumen
3.Positioning, suatu kegiatan yang bertujuan bagaimana
produk atau jasa bisa diingat dari konsumen
Untuk menganalisis pekerjaan dalam berbisnis kita harus menggunakan matriks agar mempermudah dalam menganalisa sebuah permasalahan dan menemukan solusi yang tepat. Setelah menganalisa suatu hasil lewat matriks, riset pasar pun juga penting untuk pengambilan keputusan secara tepat.
Dari keseluruhan insigtnya kegiatan bisnis banyak sekali skill yang kita
dapatkan. Antara lain critical thinking, digital literasi, learning agility,
dan kreativitas dalam menuangkan ide
1. Critical thinking digunakan untuk menyelesaikan masalah
dan mencari solusi dari permasalahan secara tepat. Dalam dunia bisnis critical
thinking itu dibutuhkan untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh calon
customer dan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah customer
tersebut
2. Digital literasi, dengan kemajuan teknologi yang
berkembang pesat dibutuhkan pengetahuan yang luas serta mendalam tentang semua
hal yang berkembang di industri saat ini. Digital literasi juga dibutuhkan
untuk berbisnis seperti memperluas jaringan dan mampu menghemat waktu dalam
melakukan riset bisnisnya
3. Learning agility, learning agility sangat dibutuhkan di
dunia bisnis. Seorang pelaku bisnis harus mempunyai kreativitas yang tinggi agar
bisa bersaing dengan kompetitor yang lain. Harus mencari celah yang berbeda
dari pesaing bisnis lainnya, seperti membuat calon konsumen lebih tertarik
terhadap produk yang dimiliki daripada produk pesaing.
4. Kreativitas tinggi dan ide, dengan kreativitas yang
tinggi dan menuangkan beberapa ide bisa membuat sebuah bisnis semakin maju
dengan strategi yang sudah dipikirkan secara mendalam
Komentar
Posting Komentar